> MALABAR – PAPANDAYAN

22/12/2008

Mengumpulkan kembali ingatan masa lalu yang sudah lebih dari duapuluh tahun ternyata bukan hal yang mudah untuk ditulis dan diceritakan. Saya harus berkonsentari 'keras' memfokuskan ingatan ke masa th 84-th86, demi mengingat kembali beberapa perjalanan yang pernah saya lakukan bersama teman-teman dimasa itu.

Yang akan saya coba ingat dan ceritakan saat ini hanya 3 perjalanan saja dulu. Namun cerita ini saya tulis 'sekenanya' sesuai dengan kemampuan 'ketajaman' memorinya yang sudah jadul pula.

Sebetulnya saya merasa bahwa kenangan masa itu tak dapat terganti oleh apapun dan tak mungkin terhapus waktu, namun kenyataannya, daya ingat manusia, khususnya saya ternyata terbatas. Dulu saya merasa, bahwa hari demi hari yang berganti, tahun tahun yang begitu cepat berlalu dan berbagai peristiwa yang datang dan pergi, semua itu seolah tak ada yang mampu menggantikan 'masa lalu yang penuh warna' itu.

Kenyataannya kini saya telah kehilangan sebagian besar bayangan kenangan masa yang penuh warna itu, tergantikan warna masa kini yang melengkapi semua warna yang sejatinya tetap tersimpan. Tulisan ini tak lebih hanyalah semacam siluetnya saja. Bukan cerita perjalanan yang utuh dan lengkap. Bahkan mungkin kurang mewakili cerita perjalanan itu sesungguhnya. Banyak sekali kejadian, waktu, tempat dan nama teman-teman seperjalanan yang telah luput dari memori saya. Mohon maaf bila ada salah ingat dan salah tulis.

Perjalanan yang ingin saya ungkap disini (sesuai dengan apa yang masih terbayang dalam ingatan saya), yaitu :
Ke I. Ke puncak Malabar
Ke II. Survival
Ke III. Papandayan via Pangalengan

foto: by hdmesa

Tinggalkan Balasan

