Kumiko, Fargo dan This is a true story

14/06/2015

images(34)

Untuk memulai tulisan ini, sungguh, aku bingung. Judul apa yang sebaiknya ku tulis, sungguh, aku gak tahu. Bahkan apa yang akan aku tulispun gak tahu. Hanya saja…..

Barusan, aku selesai nonton film Kumiko. Sebelumnya, beberapa hari yang lalu tak sengaja aku membaca resensi tentang film tersebut di Kompasiana. Dijelaskan bahwa dalam cerita sebenarnya Kumiko tidak berhasil menemukan harta karun yang dicarinya.

Dia terobsesi sebuah film kisah nyata (film Fargo), dalam cerita film tersebut ditayangkan seseorang menyembunyikan sekoper uang di dalam salju tebal dipinggiran daerah Fargo, Minnesota. Dalam kenyataannya Takako (nama aslinya) tewas di pinggiran danau Dakotta, Minnesota Amerika Serikat, setelah menempuh perjalan beberapa hari dari Tokyo Jepang.  Kisah sebenarnya justru meninggalkan kepedihan yang mendalam. Karena itulah aku penasaran dan mencari donlod gratisannya.

Dalam kisah film yang baru saja ku tonton itu, Kumiko akhirnya berhasil menemukan harta karun yang menjadi obsesinya. Pada saat aku melihat tayangan tersebut, aku merasa film itu tidak masuk akal. Begitu mudahnya temuan itu, apalagi tanda patok merah yang ditancapkan orang yang menyembunyikannya itu terlihat utuh dan kontras terlihat jelas diatas hamparan salju dekat pagar kawat berduri persis seperti di flm Fargo 1996. Takako mencari harta karun itu dilakukan th 2001, penemuan patok merah seperti itu akan jadi mustahil karena kemungkinan besar sudah tertutup salju……itupun kalao memang penyembunyian harta itu benar2 nyata, sama lokasinya seperti di tempat akhir cerita film tersebut.

Tapi ok lah, namanya juga di film, gimana maunya sang sutradara membuat alur cerita. Ketika kemudian muncul si Bonzu di hamparan salju didekat Kumiko menemukan harta karun, kelinci peliharaan Kumiko yang dibuangnya di kereta bawah tanah Tokyo, sebelum dia berangkat ke Amerika, barulah aku sadar……ternyata film Kumiko ini berakhir fiktif. Tidak Masuk akal.  Bisa jadi film Kumiko dibuat untuk mewujudkan hrapan Kumiko asli (Takako Kenishi) menjadi kenyataan.

Ceritanya sangat sederhana.,,,namun sangat menyentuh. Karena penasaran dengan cerita sesungguhnya, aku akhirnya mendownlod film Fargo dan film dokumenter This is true story tentang perjalanan Takako itu. Beberapa film dan juga buku, tak jarang memberi inspirasi bagi penonton dan pembacanya. Tapi yang dilakukan Takako benar benar tidak masuk akal, memcari harta yang disembunyikan berdasarkan cerita film, meskipun terispirasi dari kisah nyata, tentu saja setelah di buat film tidak akan sesuai 100% dengan faktanya, apalagi yang menyangkut tempat menyembunyikan harta!

Lantas apa yang terpikir olehku?

Akupun punya obsesi yang selama ini ingin sekali segera aku lakukan. Pergi berdua bersama anak bungsuku. Mencari suatu tempat yang menjadi angan anganku selama ini. Tempat dimana kami bisa tinggal bersama dengan nyaman hingga akhir nanti. Apakak obsesi ini realistis? Atau hanya imajinasi belaka? Untuk membuktikannya, harus dilakukan.

Tinggalkan Balasan

